Kebutuhan hidup manusia terhadap udang akan terus ada, terutama berjenis vaname. Ini merupakan bisnis jangka Panjang. Dari aktifitas budidaya yang dijalankan diharapkan nantinya Anda bisa menghasilkan jenis udang yang baik, sehingga konsumenpun akan percaya dengan hasil kualitas produksi Anda secara berkelanjutan.

Salah satu solusi dari budidaya yang menguntungkan adalah Budidaya udang vaname atau yang mempunyai nama latin Litopenaues Vannamei. Karena banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari budidaya udang vaname ini.

Dan indikasi keberhasilan dalam budidaya ini cukup besar karena pertumbuhan rata-rata hariannya begitu tinggi dan Feed Convertion Ratio nya sangat rendah, sehingga dalam hitungan bisnis jika dijalankan dengan baik, akan memperoleh keuntungan yang tinggi.

Kelebihan Budidaya Udang Jenis Vaname

Kelebihan jenis udang vaname adalah

  • Udang ini lebih cepat tumbuh daripada udang yang lain
  • Sehingga lebih cepat untuk panen karena begitu singkatnya masa pemeliharaan. Dari mulai telur hingga menjadi udang yang siap jual ketika selesai panen.
  • Lebih resisten terhadap penyakit sehingga meminimalisir gagal panen atau kerugian lainnya.
  • Bisa bertahan pada kualitas lingkungan yang rendah
  • Dalam memberikan pakan udang vaname lebih gampang
  • Udang vaname dalam budidaya caranya lebih mudah dikembangan dengan teknik apapun, mulai dari budidaya tradisional, modern atau supra intensif.

Keberhasilan Proses Budidaya Udang

Yang terpenting dari keberhasilan budidaya ini adalah ketahanan hidup udang. Ada beberapa faktor penentu seperti:

  • Kecerahan air
  • H2S
  • Kandungan amonia
  • Kandungan oksigen terlarut
  • Kadar garam (salinitas)
  • Derajat keasaman

Persiapan Tambak Udang Vaname

Ketika akan menekuni sebuah bisnis udang. Penggunaan tambak sangat diperlukan untuk mengatur aktivitas dan kegiatan terencana dalam pemeliharaan. Area lahan yang cukup dan sistem yang terstruktur, akan membantu dalam pencapaian bisnis Anda tersebut.

Salah satu faktor untuk menghasilkan produk ikan atau udang dengan kualitas baik adalah dengan adanya tambak. Tapi banyak yang belum mengetahui tentang tambak itu apa? Berikut penjelasan mengenai tambak.

Tambak adalah sebuah sistem perairan atau kolam buatan yang digunakan untuk budidaya ikan atau udang yang bisa dikonsumsi. Biasanya tambak membutuhkan area yang luas karena untuk produksi hasil secara massal dan jangka panjang.

Persiapan Kontruksi Tambak Udang Vaname

Jika Anda ingin membuat tambak darat, hal yang harus dipersiapkan tambak darat ada beberapa tahapan yaitu:

  1. Tanah Dasar Tambak
  2. Sebelum digunakan, tanah sebagai dasar untuk tambak harus benar benar kering.
  3. Lamanya proses penjemuran tanah 1 – 2 minggu tergantung kodisi cuaca.
  4. Sebelum dioperasikan sebagai sistem budidaya, persiapan harus dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal seperti papan pengarah pintu air dan tanggul pintu air.
  5. Seringnya kebocoran pada tanggul karena kurang kokohnya struktur tanah tanggul dan ada aktivitas jenis hewan lainnya seperti belut atau kepiting.
  6. Pakailah geomembrane sebagai penghalang air. Karena biasanya sebuah tambak yang hanya menggunakan tembok biasa umumnya mudah ditembus air dan rapuh. Selain itu sangat repot bila terdapat kebocoran pada tambak jika masih memakai cara lama tersebut, dengan menggali dan menutup dengan tanah bagian yang bocor. Sehingga geomembrane sangat pas untuk diaplikasikan. Untuk kebutuhan harga geomembrane, Anda bisa memesannya ditempat kami. Silahkan hubungi marketing kami.
  7. Jika tambak pernah diaplikasikan pada pemeliharaan udang, maka lapisan tanah harus dibuang  karena pada dasar tanah mengandung sisa pakan yang tertimbun membusuk. Jika menggunakan geo membrane, anda tidak perlu repot dengan mencangkul lapisan tanah.

Pemberantasan Hama

  • Hama selalu ada dalam budidaya apapun. Biasanya ada dua kelompok hama, yaitu hama pemangsa (predator) diantaranya katak, ular, burung. Akan memangsa hewan yang sedang di budidayakan dan menjadi pesaing untuk mendapatkan ruang dan makanan. Selanjutnya ada hama kompetitor, jenis ini contohnya serangga, cacing, udang putih, kepala timah dll.
  • Untuk pemberantasan hama, bisa diatasi dengan racun organik. Contohnya biji the, akar tuba dan serbuk tembakau. Jenis racun organik tidak berbahaya bagi kelangungan hidup hewan yang sedang dibudidayakan.

Persiapan Air Tambak Udang Vaname

Persiapan selanjutnya adalah kualitas air tambak, ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi air dan harus diperhatikan:

  1. Tambak sebaiknya dialiri air yang kualitasnya bisa mengencerkan nutrien.
  2. Pengeruhan air tambak sering terjadi apabila musim hujan tiba dengan curah yang tinggi. Hal ini bisa membuat air sumber mengalami penurunan.
  3. Seperti yang telah dijelaskan, jika kegiatan budidaya sebelumnya pada tambak sangat mempengaruhi kualitas air. Dikarenakan banyaknya kotoran atau sisa makan hewan. Sehingga kurang optimal jika dipaksakan untuk kegiatan budidaya selanjutnya. Jadi harus dibersihkan terlebih dahulu.

Pemilihan Bibit Unggul Udang Vaname / Benur

Pada tahap selanjutnya, yaitu pemilihan bibit udang vaname. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan memilih bibit udang vaname ini. Dan berikut ini adalah ciri-ciri bibit yang baik diantaranya:

  • Bentuk udang ramping dan panjang
  • Bersih dari balutan lumut
  • Bagian tubuh putih transparan dan kakinya bersih
  • Gerakannya sangat aktif, apalagi mampu melawan arus
  • Ususnya tidak rusak

Penebaran Bibit Udang Vaname / Benur

Lalu pada saat menebar bibit, disarankan dilakukan pada waktu sore hari. Bibit udang berumur 6 sampai 10 hari. Dan periksa suhu air tambak, pastikan tidak terlalu panas, biasanya 10 – 15 derajat Celcius.

Pada saat akan menebar benih, apungkan kantong plastik yang sebelumnya telah terisi udang selama 15 menit, lalu buka kantong plastik secara perlahan. Pemeliharaan benur memerlukan waktu sekitar 100 hari.

Pakan Udang Vaname Yang Baik

Hal yang terpenting pada perkembangan dan pertumbuhan udang adalah pakan udang yang harus memiliki kandungan protein. Protein adalah kandungan elemen yang nantinya menentukan kualitas (grade pakan).

Dampak Positif Dari Lingkungan Yang Menjadi Area Tambak

Adanya tambak udang pada sebuah daerah, memiliki dampak yang positif jika memperhatikan kondisi penduduk lokal dan kondisi ekosistem lingkung di daerah tersebut. Diantara dampak positif adanya tambak adalah:

  1. Ketahanan pangan
  2. Penciptaan lapangan kerja
  3. Pendapatan negara
  4. Pembangunan ekonomi daerah tersebut

Itulah penjelasan mengenai udang vaname. Hasil panen akan berkualitas, jika Anda membuat tambak dengan sistem yang baik dan juga pemeliharaannya.

Begitu banyak kekurangan jika hingga saat ini anda masih menggunakan metode lama dengan menggunakan tanah atau terpal sebagai pondasi dalam kontruksi pembuatan tambak. Karena ini merupakan proses jangka panjang sebuah bisnis udang. Sebaiknya gunakanlah geo membrane sebagai pelapis dan penghalang air ditambak. 

Cave Geosynthetics Solutions