Distributor Geogrid

Dalam industri kontruksi, geogrid dikategorikan jenis geosintetik sebagai bahan penguat. Ini dapat digunakan dalam perkuatan tanah atau digunakan dalam perkuatan dinding penahan dan bahkan banyak aplikasi material sedang dalam proses untuk berkembang.

Karena geogrid memiliki kemampuan untuk mendistribusikan beban dan tegangan ke area yang luas, sehingga banyak penerapan dan permintaan yang tinggi dengan Geogrid untuk kontruksi Selain itu, banyak kemudahan yang akan Anda dapatkan, diantaranya adalah:

Konsultasi Dengan Insinyur Berpengalaman Kami
Produk Terbukti Berkualitas dan Bergaransi
Geogrid Ready Stock Bisa Dicek Langsung
Harga Geogrid Yang Transparan Dan Sangat Bersaing
Dari konsultasi sampai instalasi ditangani dengan profesional

Menghasilkan Nilai Lebih Di Setiap Level Proyek Untuk Kepuasan Klien

Projects Managed

+

Area Covered

ha

Asal-usul Geogrid

Geogrid adalah produk polimer yang dibentuk dengan cara memotong kisi, dengan komposisi utama bahan polimernya seperti Polyester (PE), HDPE, dan Polipropilena.

Kisi-kisi ini dibentuk oleh rusuk material yang dipotong oleh pabrikannya dalam dua arah: satu ke arah mesin (md), yang dilakukan ke arah proses pembuatan. Arah lainnya akan tegak lurus dengan rusuk arah mesin, yang disebut sebagai arah mesin silang (CMD).

Materi-materi tersebut berupa materi terstruktur matriks. Ruang terbuka, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, akibat perpotongan rusuk tegak lurus disebut sebagai bukaan. Apertur ini bervariasi dari 2,5 hingga 15 cm berdasarkan susunan tulang rusuk yang membujur dan melintang.

Di antara banyak jenis geotekstil, geogrid ini dianggap lebih kaku. Dalam aplikasi geogrid, kekuatan di persimpangan dianggap sangat penting karena beban disalurkan dari rusuk yang berdekatan melalui persimpangan.

Banyak rancangan manufaktur untuk membuat geogrid.

Metode Pembuatan Geogrid

Di sini kita akan membahas tiga metode pembuatan geogrid yang paling banyak digunakan:

Pembuatan Geogrid Dengan Ekstrusi

Metode pembuatan geogrid ini melibatkan ekstrusi lembaran plastik datar ke dalam konfigurasi yang diinginkan. Bahan yang digunakan bisa dengan Bahan plastik yang digunakan dapat berupa polietilena densitas tinggi atau polipropilena densitas tinggi. Pola pelubang yang dirancang ditempatkan di atas lembaran agar membuat lubang untuk pembentukan kisi yang diharapkan. Pukulan pola lubang akan menghasilkan pembentukan yang disebut lubang. Langkah selanjutnya melibatkan pengembangan kekuatan tarik, dengan meregangkan material ke arah transversal dan longitudinal.

Pembuatan Geogrid  Dengan Merajut atau Menenun

Dalam metode 2 pembuatan Geogrid ini, benang tunggal dari bahan polipropilena atau polyester menjalani penenunan atau perajutan untuk membentuk sambungan lentur yang membentuk lubang.
Bahan Polyester dan PP digunakan, karena memiliki ketahanan yang tinggi, untuk memberikan hasil akhir Geogrid yang diinginkan.

Pembuatan Geogrid  Dengan Pengelasan dan Ekstrusi

Beberapa industri manufaktur mengembangakan metode pengelasan dan ekstrusi.
Metode ini melibatkan ekstrusi rusuk poliester datar atau polipropilen dengan melewatkannya melalui rol seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. 

Ini dilakukan di mesin otomatis yang bekerja pada kecepatan berbeda, memungkinkan peregangan tulang rusuk dan meningkatkan keuletannya.

Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, rusuk yang diperoleh dikirim ke bagian pengelasan melalui kedua sisi. Satu ke arah mesin dan satu lagi ke arah tegak lurus. Membentuk Geogrid berkualitas tinggi.

Fungsi Geogrid

Geogrid berfungsi untuk menopang atau menahan material granular (seperti: batu pecah, kerikil, pasir). 

Penahanan material granural ini akan membantu pekerjaan tanah yang distabilkan secara mekanis. Bukaan di geogrid membantu dalam menahan material granular atau tanah yang ditempatkan di atasnya. 

Geogird membantu dalam retribusi beban ke area yang lebih luas. Fungsi ini membuat konstruksi perkerasan lebih kuat dan stabil. Ini memiliki mekanisme fungsional berikut bila diterapkan untuk konstruksi perkerasan jalan

Peningkatan Daya Dukung Pada Geogrid

Salah satu efek dari mekanisme utama yang terjadi setelah pemasangan Geogrid di perkerasan jalan adalah pengurangan pergerakan lateral material granular. Ini akan menghilangkan tekanan; yang jika ada akan pindah ke tanah dasar.

Lapisan pada Geogrid memiliki ketahanan gaya gesek yang cukup untuk menahan pergerakan lateral tanah dasar. Mekanisme ini karenanya meningkatkan daya dukung lapisan tersebut. Pengurangan tegangan luar berarti terbentuk tegangan ke dalam, yang merupakan alasan di balik peningkatan daya dukung.

Kemampuan Penahan Lateral

Tegangan yang dihasilkan dari beban roda yang melintas pada perkerasan proyek mengakibatkan pergerakan material granular kearah sisi (lateral). Yang akhirnya mempengaruhi pada kestabilan rancangan perkerasan jalan secara menyeluruh. Disini Geogrid bertindak menahan gerakan lateral ini.

Jenis Geogrid

Geogrid Uniaksial (Uniaxial)

Geogrid ini dibentuk oleh peregangan tulang rusuk ke arah longitudinal. Jadi, dalam hal ini, material memiliki kekuatan tarik tinggi pada arah longitudinal dibandingkan pada arah transversal. Digunakan untuk timbunan diatas tanah lunak, stabilisasi lereng, perkuatan tanah, lereng curam dll.

Geogrid biaksial (Biaxial)

Geogrid Biaxial adalah jenis Geogrid yang digunakan untuk perkuatan tanah yang lunak seperti gambut, area berlumpur dan daerah rawa selain itu agar tanah menjadi stabil juga. Sistem pada geogrid biaxial adalah mengunci material granural, sehingga lapisan atas tetap kaku.

Karakteristik Dinding Penahan Geogrid

Sistem dinding penahan geogrid memiliki karakteristik unik tertentu yang berbeda jika dibandingkan dengan konstruksi dinding penahan tradisional, seperti dinding penahan beton.

Konstruksi geogrid memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Sistem geogrid lebih fleksibel. Dinding penahan dengan sistem geogrid memiliki kemampuan adaptasi yang lebih tinggi dengan deformasi pondasi, jika dibandingkan dengan konstruksi tradisional yang sifatnya sangat kaku.
  • Lebih fleksibilitas sehingga tahan gempa
  • Konstruksi ini dapat dibuat lebih ekonomis dibandingkan dengan metode tradisional.
  • Pengaturan Geogrid onboard memiliki perlindungan aforestasi. Ini membawa manfaat lingkungan, yang merupakan parameter penting dalam konstruksi berkelanjutan.
  • Konstruksi Geogrid mengurangi biaya konstruksi. Ini membantu dalam konstruksi yang cepat dan nyaman, tapi kualitas tetap terjamin.
  • Konstruksi penguat geogrid dan kelebihannya telah mendapatkan banyak apresiasi, sehingga menuntut untuk peningkatan konstruksi di rel kereta api, pelabuhan, perencanaan kota, jalan raya, bendungan dan proyek-proyek yang berfokus pada lingkungan.

Aplikasi Geogrid dalam Konstruksi

Aplikasi Geogrid pada Pembangunan Dinding Penahan

Geogrid menyelesaikan masalah tanah lunak atau tanah miring. Penyatuan tanah akan memudahkan dalam konstruksi dinding penahan yang stabil. Struktur tanah dapat ditingkatkan dengan perkuatan geogrid. Ini membantu dalam membatasi pengisian ulang serta membantu mendistribusikan beban.

Massa struktur tergantung dari pertambahan Panjang pada geogrid. Ini membantu dalam membangun tembok yang lebih tinggi. Ketinggian minimum tempat peletakan geogrid tergantung pada jenis tanah, tingkat tekanan dinding dari timbunan kembali dan berbagai faktor lainnya.

Aplikasi Geogrid dalam Konstruksi Perkerasan

Konstruksi Geogrid dalam konstruksi perkerasan jalan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Perbaikan tanah dasar: Tanah dasar, yang merupakan lapisan terpenting dari penahan beban, dibuat kuat dan kokoh dengan geogrid. Masalah tanah lunak dapat diselesaikan dengan metode ini. harga geotextile

  • Penguatan dasar perkerasan: Tebal alas jika ditambah akan meningkatkan kekakuan alas. Tapi jika meningkatkan ketebalan secara drastis tidaklah ekonomis. Penguatan pada lapisan dasar tertentu akan memberikan pengerasan yang memadai yang membantu mengurangi ketebalan dan waktu konstruksi. Ini juga membantu meningkatkan umur trotoar. harga geomembrane per m2

Keuntungan Geogrid dalam Konstruksi

  • Kemudahan Konstruksi: Geogrid dapat dipasang dalam kondisi cuaca apa pun. Ini membuatnya lebih menuntut.
  • Pengoptimalan Lahan: Metode pemasangan Geogrid di tanah membuat area yang tidak cocok cocok untuk mempersiapkannya guna memenuhi properti yang diinginkan untuk konstruksi. Dengan demikian, Geogrid membantu pemanfaatan lahan yang tepat.
  • Geogrid mendorong stabilisasi tanah
  • Massa tanah dengan kekuatan lebih tinggi diperoleh
  • Daya dukung beban yang lebih tinggi
  • Ini adalah obat yang baik untuk menahan tanah dari erosi
  • Tidak ada persyaratan mortar. Bahannya diimplementasikan kering.
  • Tidak ada kesulitan dalam ketersediaan materi
  • Geogrid bersifat fleksibel. Mereka dikenal karena keserbagunaannya.

Mari Mulai Bersama Kami, kami siap mendukung dari konsultasi hingga instalasi Geogrid