Distributor Geocell

Pada saat ini, pembangunan proyek infrastruktur terus meningkat. Dan tanah, sebagai area yang akan dijadikan tempat pembangunan, rawan mengalami perubahan terhadap daya beban konstruksi, sehingga sangat pas apabila dijadikan tempat untuk aplikasi rekayasa geoteknik untuk penguatan area tanah.

CGS merupakan tempat yang tepat untuk Anda dalam memesan Geocell, karena akan banyak kemudahan yang akan Anda dapatkan, diantaranya adalah:

Konsultasi Dengan Insinyur Berpengalaman Kami
Produk Terbukti Berkualitas dan Bergaransi
Harga Geocell Yang Transparan Dan Sangat Bersaing
Dari konsultasi sampai instalasi ditangani dengan profesional

Menghasilkan Nilai Lebih Di Setiap Level Proyek Untuk Kepuasan Klien

Projects Managed

+

Area Covered

ha

Penguatan Tanah dengan Geocell

Butuh metode dan orang kompeten dalam pengembangan rekayasa geoteknik tersebut. Dalam kasus ini, sebuah metode dalam “perkuatan tanah” diapresiasi secara luas dan diaplikasikan secara ekstensif.

Dengan adanya Geocell sebagai bagian dari rancangan perbaikan pada kondisi tanah, yang mana tanah tersebut memiliki daya rendah atau seringkali mengalami penurunan berlebih adalah solusi tepat.

Pada beberapa dekade terakhir, per kuatan tanah dengan beberapa jenis geosintetik sudah mulai diterapkan dalam bidang Teknik sipil, salah satunya geocell.

Geocell sangat baru dalam aplikasi perkuatan tanah, dibandingkan dengan metode lain seperti berbentuk planar misalnya. Geocell adalah lembaran HDPE yang pola desainnya seperti sarang lebah yang saling terhubung. 

Banyak penelitian dan penerapan secara nyata, telah membuktikan bahwa Geocell mampu menyelesaikan masalah pada struktur geoteknik dan meningkatkan kapasitas penahan beban tanah.

Mekanisme Penguatan Geocell

Geocell yang merupakan bagian dari geosintetik, seperti halnya geogrid atau geotekstil. Struktur geocell yang saling terikat dan terhubung, diisi dengan tanah padat non kohesif yang akan di timbun mengisi bagian dinding geocell, secara mekanisme sebagai penguat tanah yang membatasi gesekan.

Umumnya, pengisian pada geocell adalah material tanah atau berkerikil. Tapi bisa juga diisi beton polos. Semua itu tergantung pada aplikasi kebutuhan seperti pembentukan saluran air atau perlindungan erosi dll.

Bentuk kompositnya sangat kaku dan strukturnya semi kaku. Untuk ukuran dan kedalaman geocell sangat bervariasi sesuai kebutuhan.

Mengenal Tipe-tipe Geocell

Seperti yang kita kenali sebelumnya geocell ini memang kebayakan berbentuk seperti sarang lebah. Namun, ternyata jika dikaji lebih dalam lagi geocell ini memiliki dua tipe yang mungkin banyak orang belum tahu. Jika ingin tahu lebih banyak, yuk simak tipe-tipenya di bawah ini:

  1. Tipe geocell yang pertama adalah sering disebut dengan geocell smooth. Bentuknya ini justru bukan berbentuk seperti sarang lebah tetapi lebih cenderung seperti bentuk seng tetapi lebih lentur tetapi lebih kuat. Geocell dengan tipe ini ternyata sering digunakan untuk konstruksi jalan serta jembatan. Selain itu geocell dengan tipe ini banyak diburu rang karena harganya yang lumayan terjangkau

  2. Sedangkan tipe yang kedua ini adalah geocell yang kita kenal berbentuk seperti sarang lebah. Tipe kedua ini juga banyak digunakan para kontraktor karena memang keunggulan dalam proyek bangunan.

Manfaat Geocell

Ternyata manfaat dari geocell ini sangat banyak sekali. Selain penahan beban (terutama pada perkerasan jalan dan pondasi). Alat ini juga telah banyak digunakan dalam berbagai:

  1. Stabilisasi lereng
  2. Konstruksi tanggul
  3. Aplikasi rel kereta api.

Dengan meningkatnya tren dan permintaan, kinerja tulangan geocell telah dipelajari secara ketat untuk perbaikan dan konfigurasi parametrik yang optimal. Studi telah mengungkapkan sejumlah besar parameter, seperti geometri tulangan, interaksi dengan tanah yang ditimbun, dan lain-lain yang sebagian besar memengaruhi kinerja sistem yang diperkuat geocell.

Mengenali Keunggulan Geocell

Selain kita telah mengenal banyak sekali manfaat dari geocell ini ternyata ada banyak sekali keunggulan yang diberikan. Diantara keunggulan tersebut diantaranya adalah:

  • Pengaplikasian begitu cepat, sederhana serta sangat fleksible.
  • Dapat mengurangi biaya dalam pengerjaan suatu proyek.
  • Bisa digunakan langsung dalam proses pengerjaan.
  • Bahannya sangat tahan dari unsur-unsur bersifat biologi maupun kimia.
  • Mudah dibawa ke mana pun dan kapan pun.
  • Pemasangannya cenderung lebih cepat dan mudah.
  • Tidak permanen sehingga dapat dibongkar pasang dalam pemakaiannya.  Geotextile
  • Usianya sangat tahan lama. Harga Geomembrane

Contoh Pengaplikasian Geocell di Indonesia

Untuk mengetahui apa saja pengaplikasian geocell biasanya digunakan pada suatu proyek tertentu. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di bawah ini:

  • Geocell untuk akses jalan

Seperti yang telah disebutkan tadi di atas bahwa geocell ini terdiri dari HDPE tentu pengaplikasian akan lebih mudah digunakan pada jalan raya. Pengaplikasian ini tentunya begitu baik karena konfigurasinya begitu kuat.

  • Geocell untuk teknik sipil

Selain digunakan untuk pengeplikasian jalan raya, ternyata geocell ini banyak digunakan dalam bidang-bidang teknik sipil. Biasanya digunakan sebagai alat memperkuat tanah.

Selain dua point di atas ternyata geocell ini masih banyak pengapliksiannya seperti untuk jalur kereta api juga sebagai pondasi tanah supaya tidak terjadinya penurunan.

Mengetahui Bagaimana Proses Pemasangan Geocell

Setelah mengetahui apa saja pengaplikasian geocell tadi di atas, tentunya anda bertanya-tanya bagaimana cara pemasangannya. Bagi sebagian orang tentunya sudah tahu bagaimana teknik pemasangannya. Namun, ada juga orang belum tahu. Bagi anda yang belum tahu, yuk simak cara pemasangannya di bawah ini:

  • Menyiapkan tanah dasar

Cara pertama tentu saja dengan meratakan tanah sebagai dasarnya sebelum dipasang geocell. Pastikan tanah tersebut benar-benar rata dan terbebas dari benda-benda berbahaya yang akan merusak seperti besi, batu-batu besar, dan lain sebagainya.

  • Memasangkan lapisan pemisah

Setelah hamparan tanah diratakan tentunya jangan dulu langsung dipasang geocell. Karena masih harus dipasangkan lapisan pemisah untuk memisahkan tanah dan geocell. Lapisan pemisah yang dimaksud adalah geotextile. Pasti banyak orang bertanya mengapa harus dipisahkan antara geocell dengan tanah. Jawabannya adalah untuk menghindari pumping yang disebabkan oleh kendaraan yang membawa beban berat.

  • Pemasangan geocell

Setelah memasangkan geotextile di atas hamparan tanah jangan lupa untuk memasang geocell di atasnya. Namun, jangan lupa untuk memberikannya patok untuk dijadikan sebagai kunci. Kemudian renggangkan geocellnya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek supaya nanti hasilnya merata.

  • Pengisian geocell

Meratakan tanah sudah, memasang geotextile dan geocell juga sudah. Jika semuanya sudah tentunya kini saatnya untuk mengisi geocell. Pengisian geocell ini biasa dengan dua cara. Cara pertama boleh dilakukan dengan cara manual. Namun, jika ingin hasil yang lebih rapi juga cepat tentunya gunakan pengisian geocell dengan bantuan mesin.

Mari Mulai Bersama Kami, kami siap mendukung dari konsultasi hingga instalasi